sharing

Pemanfaatan Kalender Bekas

Monday, June 20, 2011


Manfaat Kalender Bekas
Pemanfaatan kalender bekas sebagai media pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa SD, akan mempermudah siswa dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan sehingga siswa dapat memenuhi standar kompetensi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar yaitu melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan.
Bentuk pemanfaatan kalender bekas yaitu dengan memotong kalender pada bagian tanggal dalam satu bulan. Sedangkan, bentuk pengoperasian kalender bekas sebagai media pembelajaran menggunakan prinsip garis bilangan, yaitu berpindah ke bilangan yang lebih besar ketika menyelesaikan operasi penjumlahan dan berpindah ke bilangan yang lebih kecil ketika menyelesaikan operasi pengurangan.
 
Contoh
  1. Contoh penerapannya: misalkan siswa diperintahkan untuk menyelesaikan operasi penjumlahan 9 + 4. Langkah - langkah yang dapat dilakukan antara lain guru dapat memerintahkan siswa:
  • Menunjuk angka 9 di kalender bekas.
  • Menunjuk empat angka setelah angka 9 dengan berurutan menuju angka yang lebih besar. Dalam contoh ini, menunjuk angka 10, 11, 12, dan berakhir pada angka 13.
  • Angka yang ditunjuk terakhir merupakan hasil dari operasi penjumlahan tersebut.
  •  Jadi hasil dari operasi penjumlahan 9 + 4 adalah 13.
1. Pada hari senin menunjukkan tanggal 12, hari apa tepat 5 hari yang akan datang ?
Jawab:
Pada kalender menunjukkan tanggal 12, dihitung maju sebanyak 5 kali yaitu menunjukkan angka 13, 14, 15, dan berakhir pada angka 17.
Jadi penjumlahan 12 + 5 = 17 dan 17 pada hari sabtu.

2. pada hari jum’at adalah tanggal 15, tanggal berapa dan hari apa tepat 4 hari yang lalu ?
Jawab:
Pada kalender menunjukkan angka 15, dihitung mundur sebanyak 4 kali yaitu menunjukkan angka 14, 13, 12, dan berakhir pada angka 11.
Jadi, pengurangan 15 – 4 = 11, dan pada hari senin.



Kelebihan yang dimiliki kalender bekas sebagai salah satu media pembelajaran adalah mudah didapatkan, menghemat biaya karena memanfaatkan benda yang telah ada di sekitar kita, praktis dan mudah diterapkan. Pemanfaatan kalender bekas juga dapat membuat siswa lebih mengenal angka - angka, urutan-urutan angka dan kwantitas.
Jadi, dengan memanfaatkan kalender bekas sebagai media pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan, siswa akan lebih memahami konsep penjumlahan dan pengurangan sehingga siswa dengan mudah dapat memenuhi standar kompetensi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar yaitu melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan.

0 comments:

Post a Comment

Followers